Skip to content

Kolektif Buku

Apa Itu Kolektif Buku?

Program ini berawal dari kegelisahan kami akan permasalahan bagaimana membuka secara luas akses masyarakat terhadap ilmu pengetahuan. Bila berkaca dari keberadaan berbagai macam perpustakaan di Yogyakarta, baik yang dikelola pemerintah maupun yang tidak, terkadang masalah akses tersebut tidak serta-merta terselesaikan. Karena ternyata masih banyak perpustakaan yang secara tidak langsung membatasi akses buku-buku mereka untuk kalangan tertentu saja. Sialnya, terkadang perpustakaan tersebutlah yang justru memiliki koleksi buku yang, katakanlah, penting dan langka sekaligus banyak dicari orang.

Maka bagi kami, Kolektif Buku jadi satu tawaran solusi, di mana perpustakaan tidak menjadi satu-satunya penyedia referensi. Justru orang per orang (para penikmat dan pencinta buku) lah yang dapat menjadi penyedia referensi bagi orang lain. Semboyan kami: “setiap orang adalah perpustakaan bagi orang lain.” Karena itulah Perpustakaan Literati sebagai ruang fisik berusaha memfasilitasi semangat share of knowledge tersebut lewat program Kolektif Buku. 

Caranya?

Koleksi buku kami kebanyakan bersubjek ilmu-ilmu sosial dan sastra. Maka bagi siapapun yang punya minat terhadap subjek tersebut dapat berpartisipasi dalam program ini. Kami menawarkan beberapa cara partisipasi:

  1. Dengan menyumbangkan koleksi bukunya kepada Perpustakaan Literati dan menyerahkan sepenuhnya hak dan tanggungjawab pengelolaannya kepada kami. Timbal balik dari kami adalah pada label buku akan kami cantumkan inisial pemilik buku, sekaligus sebagai sarana bagi kami untuk memperkenalkan program Kolektif Buku kepada pengunjung yang datang dan menunjukkan bahwa koleksi buku kami berasal dari banyak orang.
  2. Dengan menitipkan koleksi bukunya kepada Perpustakaan Literati agar dapat diakses juga oleh orang lain. Untuk kebijakan peminjaman tetap akan kami serahkan kepada pemilik buku, yakni apakah buku tersebut bebas dipinjam ataukah hanya dapat dibaca di tempat. Tujuannya: memastikan akses peminjam tetap terbuka luas sekaligus memastikan kondisi fisik buku agar tetap baik. Inisial nama akan kami cantumkan pada label buku. Bila suatu saat pemilik buku ingin mengambil kembali koleksinya, maka hak dan tanggungjawab buku sepenuhnya kami serahkan kepada pemilik buku.
  3. Perpus Maya, yakni mengikutsertakan koleksi bukunya untuk masuk dalam katalog Perpustakaan Literati, namun buku tersebut tetap berada di tempat pemilik buku. Bila ada peminjam yang ingin mengakses buku yang masuk kategori Perpus Maya ini, maka kami akan mengontak pemilik buku dan memastikan apakah buku tersebut siap dipinjamkan atau tidak. Bila siap, maka staff kami akan mencatat judul buku dan nama calon peminjam, mengambil buku tersebut di tempat pemiliknya, untuk kemudian diserahkan kepada calon peminjam sehari berikutnya. Atau bila hal tersebut tidak memungkinkan, maka permasalahan teknis akan diatur belakangan.
Bila ada pertanyaan lebih lanjut, sila kontak kami di sini.
Iklan
No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: